Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara menulis artikel SEO Friendly sangat perlu untuk diketahui khususnya untuk blogger yang menginginkan tulisannya ada di nomor satu pencarian google. Menulis artikel untuk menjadi nomor satu di pencarian terbilang susah karena kita dihadapkan dengan dua hal yaitu menulis sesuai SEO friendly dan menulis untuk diminati pembaca atau pengguna teknolog internet. Untuk itu kita harus pintar dan cerdik membuat artikel yang SEO friendly namun tetap enak untuk dibaca sehingga dapat menjadi nomor teratas disearch engine sepeti goolgle, yahoo dan lainya.









Berikut adalah cara menulis artikel agar menjadikan artikel tersebut SEO Friendly namun tetap nyaman dibaca oleh pengguna internet :

1. Menentukan Judul Artikel

Judul artikel memegang peranan penting dalam sebuah blog atau website. Oleh karena itu disarankan untuk membuat judul yang menarik agar pembaca tertarik untuk men-click artikel yang ada di website yang kita miliki dan tentunya traffik di website bisa terus bertambah. Selain harus menentukan judul yang menarik, sebaiknya diusahakan judul berkisar 4-7 kata saja karena judul yang terlalu panjang akan menghambat kerapatan kata kunci.

2. Menentukan URL Artikel
Untuk membuat artikel yang ada di website kita menjadi SEO friendly sebaiknya menentukan URL yang singkat dan sesuai dengan kata kunci yang kita incar, karena URL tersebut berpengaruh terhadap pengindex-an Google, Bing, Yahoo terhadap blog dan website yang kita miliki.

3. Menggunakan Label

Menggunakan label menjadi salah satu syarat artikel SEO friendly karena label akan mengelompokan artikel yang ada di website atau blog sesuai dengan kategorinya  sehingga mudah untuk ditelusuri. Label juga berfungsi untuk menunjukkan artikel-artikel terkait, misalnya saja anda menulis Cara membuat email yahoo maka maka di bagian bawah website/blog juga akan menunjukkan artikel yang ada kaitannya dengan cara seperti cara membuat facebook, cara membuat twitter, dll



4. Mencantumkan Gambar Di Dalam Artikel

Blog atau website yang menarik dikunjungi pembaca adalah blog yang tidak hanya berisikan tulisan saja namun juga tercantum gambar. Hal ini pada dasarnya karena manusia membutuhkan kebutuhan visualisasi atas apa yang sedang ia baca. Namun mencantumkan gambar di blog atau website sebaiknya di compress terlebih dahulu agar loading halaman website tidak terhambat. Selain itu kini search engine dipakai oleh manusia bukan hanya untuk mencari artikel namun juga untuk mencari gambar atau foto sehingga semakin banyak gambar yang tercantum di blog/website tentu akan menaikkan trafik.

5. Meletakkan Kata Kunci Di Dalam Artikel

Sebaiknya meletakkan kata kunci yang diincar dalam artikel yang sedang di buat di paragraf awal atau paragraf kedua. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah mesin pencari mendeteksi artikel yang ada di blog/website anda.

6. Menuliskan Meta Deskripsi

Menuliskan meta deskripsi adalah salah satu cara menulis artikel SEO friendly yang sering dilupakan. Padahal meta deskripsi berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja blog/website anda di mesin pencari. Buatlah meta deksripsi maksimal 150 karakter namun mampu menggambarkan isi artikel yang anda buat.

7. Menyisipkan Link Internal

Untuk membuat blog/website SEO friendly di setiap artikel yang anda buat sebaiknya menyisipkan link internal. Hal ini ditujukan agar pembaca dimudahkan apabila adanya kalimat atau isi blog yang belum dipahaminya.


Tips Lainnya

Selain 8 cara di atas, ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel agar menjadi SEO Friendly, berikut diantaranya :
  • Panjang artikel yang dibuat minimal 300 kata.
  • Setiap kata kunci yang diincar minimal diulangi sebanyak 3 kali dan maksimal 5 kali.
  • Gunakan bahasa yang baku, baik, dan benar sesuai kaidah Bahasa Indonesia sehingga pembaca dapat mengerti isi artikel dengan mudah.
  • Jangan lupa untuk menggunakan salah Tag H1,H2 atau H3 pada artikel yang dibuat.

Cukup sekian yang saya bagikan tentang cara menulis artikel SEO Friendly, semoga apa yang saya share ini bisa membantu anda tuk memudahkan anda untuk share artikel kalian di blog kalian,,



Salam hangat dari saya 4rie-ngr.blogspot.com

1 comment for "Cara Menulis Artikel SEO Friendly"