Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Flash/Instal Ulang Hp Asus Zenfone 5 dan 6

Cara Mudah Flash/Instal Ulang Hp Asus Zenfone 5 dan 6.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang flash asus zenfone 4  baca disini, dan kali ini yang saya bahas tentanng flash asusu zenfone 5, kebanyakan seseorang sering mencari informasi tentang hp tersebut untuk menjadikan OS'nya terupdate menjadi yang terbaru, bahkan sering kali seseorang tersebut melakukannya dengan cara utak atik OS'nya maka akibat kurangnya ketelitian hp seseorang tersebut menjadi Bootlop atau tidak bisa di gunakan dengan baik.

Cara Mudah Flash/Instal Ulang Hp Asus Zenfone 5 dan 6
Langsung saja, sebelum, anda flash / instal ulang hp asus zenfone 5 dan 6, anda harus menyiapkan beberapa bahan-bahan untuk melakukanya, dan anda juga bisa Download disini

Bahan-bahan yang perlu anda sediakan:

Link Download!!
=> Download Intel USB Driver for Android
=> Download ADB Fastboot tool
=> Download Firmware Asus Zenfone 5 atau 6

Update .!!
Firmware Asus Zenfone 5
=> Firmware Asus Zenfone 5 (WW)
=> Firmware Asus Zenfone 5 (TW)

Firmware Asus Zenfone 6
=> Firmware Asus Zenfone 6 (WW)
=> Firmware Asus Zenfone 6 (TW)

Ingat Broow.!!!, sesuaikan tipe zenfone kamu. Apakah keluaran Taiwan (TW), World Wide (WW), China (CN) atau CHT. itu semua bisa kalian ketahui melalui menu about di hp atau lihat kardus HP ente, agtau lihat dibalik chasing. Kalau punya saya versi TW jadi saya download UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip. Perhatikan juga fersi T nya, karena ada bermacam macam seperti T00J, T00F dll. dan untuk versi firmware nya akan lebih baik jika anda tau versi firmare dari pabriknya, atau jika tidak tau download versi terbarunya (tutorial ini menggunakan versi terbaru.)

Langkah Flasing Hp Asus Zenfone 5 atau 6.
Di dalam langkah ini, saya menjelaskan tentang flashing untuk Asus Zenfone 5, namun untuk Asus Zenfone 6, tentunya langkahnya sama, namun hanya firmware'nya yang berbeda, jadi, anda diharapkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut, dengan teliti, sehingga anda bisa berhasil.
  • Instal USB Driver (yang sudah anda denlod tadi)
  • Ekstrak ADB Fastboot tool dari winrar, sehingga menjadi folder saja
  • Ekstrak juga Firmware nya dari  UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30.zip. menjadi UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip. (karena ada rar didalam rar). letakkan hasil ekstrak ke folder ADB Fastboot tool.
  • Buka UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip dan carilah file yang bernama recovery.img, klik kanan terus esktrak without confirmation. file recovery.img hasil ektrak otomatis berada di dalam folder ADB.

Cara Mudah Flash/Instal Ulang Hp Asus Zenfone 5 dan 6

  • Matikan (Power Off) Zenfone 5.
  • Masuk ke Mode "Zenfone Fastboot Mode" dengan cara menekan tombol power dan volume up secara bersama-sama. Setelah itu akan terdapat menu Zenfone Fastboot mode diantaranya, yaitu : Reboot Droidboot, Reboot, Recovery, Factory Reset, dll
  • Kalau sudah masuk ke menu fastboot mode, sekarang anda akan memindahkan (replace) file recovery.img dari komputer ke Handphone. caranya sambungkan Handphone dan komputer terlebih dahulu melalui cable data (saya yakin anda pasti sudah paham dan tau agar Zenfone Asus bisa terhubung dengan Komputer dengan baik, jadi saya tidak perlu membahasnya).
  • Jika sudah terhubung, sekarang buka CMD di komputer anda agar CMD langsung mengarah kedalam folder masuk kedalam folder ADB tadi, tekan dan tahan tombol Shift + klik kanan mouse dan pilih Open Command window here.

Cara Mudah Flash/Instal Ulang Hp Asus Zenfone 5 dan 6

  • Didalam CMD, untuk memasukkan file recovery.img ketikkan fastboot flash recovery recovery.img. (ingat Handphone masih didalam fastboot mode)
  • Perhatikan Hanphone kamu, apa ada pergerakan, keberhasilan ditandai dengan pergerakan di CMD yang menyatakan succes dan juga pergerakan  di HP yang menyatakan sukses.
  • Recovery.img sudah masuk kedalam HP, sekarang waktunya kita masuk kedalam menu recoveri.
  • Didalam fastboot mode pilih menu "recovery". 
  • Nanti kita akan dihadapkan pada gambar robot android yang terlentang dengan tulisan "No Command" atau tidak ada tulisan, hanya gambar robot android terlentang dengan tanda seru merah diatasnya. Nah, pada tahap ini anda diharuskan untuk masuk ke mode "Android System Recovery" dengan cara menekan dan menahan vol down (tekan tahan), lalu menekan tombol vol up (tekan lepas), maka kita akan dihadapkan pada mode "Android System Recovery" dengan pilihan menu "reboot system now", "apply update from adb", "wipe cache", dll.
  • Pilih apply update from adb
  • Sekarang kita tes apakah komputer dan handphone sudah terhubung dengan baik (seharusnya sudah, kan tadi fastbootnya udah jalan) ketikkan adb devices. kalau nyambung bakalan terlihat keterangan di cmd bahwa handphone kamu tersambung, cirinya itu ada kumpulan angka.
  • Sekarang ketikkan adb sideload UL-ASUS_T00F-TW-2.21.40.30-user.zip. yang saya tandi merah itu menyesuaikan dengan nama firmware kamu.
  • Lihat CMD apa ada loading angka yang diiukuti %. jika ada berarti sedang prose copy file dari Komputer ke HP. tungu sampai 100%.
  • Jika sudah 100% dengan otomatis HP akan melakukan updating data, proses ini sangat menentukan keberhasilan dari proses flash, karena stres saya muncul pada proses ini, jika gagal tentu kita cari cara lain, namun proses yang saya tulis ini adalah yang sudah saya praktekkan dengan hasil SUCCEEDED.
  • Udah selesai proses flashnya? kalau sudah didalam recoveri mode akan muncul pilihan menu untuk reboot, namun pastikan kalian tidak menemukan pesan eror (ingat kalau eror segera cari cara lain)
  • Setelah reboot tunggulah beberapa saat sampai HP benar-benar melewati loading menuju tampilan awal. kalai sudah masuk tampilan awal berarti cara ini sudah berhasil. dan selamat

Sebelum saya Share, cara ini tentunya sudah saya praktekkan sendiri dan berhasil, namun jangan langsung down ketika tidak berhasil, ingat saya hanya membagikan pengalaman, jika ada kesalahan dalam melakukan flashing dengan cara saya ini, saya tidak bisa dimintai pertanggung jawaban. banyak sekali kemungkinan eror pada hp jadi kenali dulu apakah masalah kita sama. 

Sekian artikel yang saya tulis ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda. Jika ada yang kurang jelas, bisa langsung anda tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

54 comments for "Cara Mudah Flash/Instal Ulang Hp Asus Zenfone 5 dan 6"

  1. Download ADB Fastboot tool >>download
    Download Firmware Asus Zenfone 5 >> download
    Download Firmware Asus Zenfone 6 >> download
    semuanya tidak bisa di download bagaimana nich ?...................................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ane perbaharui gan..
      Coba cek lagi gan..
      semua sudah normal

      Delete
    2. apaan nih akses denied intel server,, punya domain upload sendiri donk.

      Delete
  2. Waktu udah 100% semua data yg di kirim failed cannot mount bla bla bla,.. Itu salahnya dimana ya? Tolong bantuannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klw waktu Download firmware pada flastool gx bisa atau failet,, coba cabut lagi Hp dari kbl USB'nya,, lalu klik Upgrade pada flastool,, truz klw udah selesai tancapkan lagi HP'nya truz tunggu sampai ada muncul Pop warna hijau gan,, nah klw udah gtu ntar hp coba di hidupkan lagi,,,

      tpi ingat,, disaat HP tersambung dengan kabel USB, jgan di pasang Batre dan Memo serta SIM'nya gan

      Delete
  3. Replies
    1. Bisa tuh,, udah tak cek, tpi normal-normal saja...
      yang mana yang gx bisa??

      Delete
  4. Telepon saya ada masaalah..saya telah format tepon saya guna factory reset tapi lepas saya format dia cuma keluar gmbr usb..
    SayA cubal flash telpon pula tidak boleh di baca oleh pc..

    ReplyDelete
  5. gan bahan bahan nya semua ga bisa di sedot
    tolong pencerahan nya donk gan

    ReplyDelete
  6. pas saya klik cmdnya saya tulis adb sideload USER.zip kok eror : more than one device and emulator itu kenapa ya

    ReplyDelete
  7. Mantap kang tutorialnya . . Walaupun software gak ambil dari blog kang arie . Tpi tutornya gamblang . Jos dah . Kamsyah kang work 100% success

    ReplyDelete
  8. Microsoft Windows [Version 10.0.10240]
    (c) 2015 Microsoft Corporation. All rights reserved.

    C:\Users\Miela\Downloads\ADB Fastboot tool>adb devices
    adb server is out of date. killing...
    ADB server didn't ACK
    * failed to start daemon *
    error: unknown host service

    C:\Users\Miela\Downloads\ADB Fastboot tool>

    gan itu kenapa ya???tolong solusinya gan

    ReplyDelete
  9. Semuanya sudah ane perbaiki gan,,
    nie Update Link sudah ane perbaiki, juga langkahnya, sudah saya perjelas, sehingga bisa lebih mudah anda mengikuti langkah demi langkahnya...

    ReplyDelete
  10. kok setelah masuk recovery, ponsel saya justru gambar robot ijo berdiri dengan tulisan "erasing", itu gimana gan? setelah itu masih stuck di asus loading

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Yang udah agan lakukan, masih ada yang kelewat gan,, coba ulangi dengan teliti gan??

      Delete
  11. Untuk flash ulang di lollipop fw 78. Bisa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa di coba gan,,, Tpi sebaiknya di BackUp dlu gan..

      Delete
  12. Halo Gan, sorry nanya nih. saya coba udh hampir sampai akhir tp di 58% gagal. ada alternatif lain kah? thanks

    ReplyDelete
  13. Halo Gan, sorry nanya nih. saya coba udh hampir sampai akhir tp di 58% gagal notifnya *failed to read command. ada alternatif lain kah? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kklw boleh saran, cari dulu updatean firmware nya yang versi terbaru gan,, atau bisa jadi firmware yang agan masukkan kurang, jdi failed gan...

      Delete
  14. gan letak flashtool itu dmana ya...mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  15. gan kok device zenfone gw saat di di mode fastboot gak kebaca?? waktu buka driodboot (fastboot) aku colokin USBnya, tapi gak kebaca di komputer. gw bermaksud utk instal ulang/flashing recovery saya, soalnya tiap kali masuk recovery error cache melulu.. usb nnti bisa kebaca saat mode recovery bukan di mode fastboot :( mohon bantuan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ente cari Firmware yang update terbaru gan,, lalu install ulang, atau Flashing ulang...

      Delete
  16. Thanks...Karena saya sudah menemukan solusinya.

    ReplyDelete
  17. Gan Failed di 54% terus katanya *failed ro read command.
    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Irwan Ardies : Ok Thanks Gan atas kunjungannya...

      @ NF Ciputat : Sebaiknya anda mendownload ulang firmware nya gan,, kemudia lakukan kembali flasshnya namun anda harus teliti terhadap setiap pemasangannya,, Dan link yang sudah saya sediakan diatas ini udah saya perbaiki jadia usah Jooss gan

      Delete
  18. kang saya nyoba dari tutor di atas
    tp br awal untuk nunggu device dari perintah awal CMD kok lama banget yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang lama gan,, tpi sabar aja gan,, namanya aja flash ulang gan,, tpi bisa jadi CMD yang ente dapet itu versi lama gan,, coba ente nyari CMD versi terbaru gan,,,

      Delete
  19. Punya saya kok, ketika udah muncul robot android yang ada tanda seru merah ada tulisan no command gak bisa diapa2in y? tekan vol down dan vol up bersamaan ga ada efek apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di ulangin gan, tahap demi tahap nya gan,,,

      Delete
  20. gan esktrak without confirmation kok gak bisa? "panduan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gx bisa gmna gan maksutnya...
      Sebelumnya sudah saya coba,, dan Work gan

      Delete
  21. Kalaugak bisa masuk ke flashmode gimana gan?
    Masalahnya hp ane asus zenfone 6 stuck di logo intel. sudah saya pencet tombol power+volume up dan down gak masuk ke flashmode.
    mohon pencerahannya gan, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba Reset gan,, Truz cari Firmware Updated Terbaru gan

      Delete
  22. mas kalo error 5037 itu yg salah ato yg kurang apanya ?

    ReplyDelete
  23. mas kalo error 5037 itu yg salah ato yg kurang apanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang kurang itu gan,, coba di cek lagi,, teliti gan,, klw tetap tidak bisa, coba cari Firmware Updated Versi Terbaru gan,, trus ikuti langkahnya secara teliti gan,

      Delete
  24. Saya download ko acces denied kenapa ya gan
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  25. gan ane masukin nama firmware nya kok gak kebaca ya
    udah sesuai sama yang ane download, udah 5 kali nyoba mentok disitu terus,

    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kendalanya seperti apa gan,, coba jelaskan gan..
      Truz coba ente cek,, apa driver USB Samsungnya udah terinstall apa belum, sebelum melakukan Install, coba cek antara HP dengan PC udah tersambung dengan benar apa belum, soalnya cari ini udah ane Test laggi gan, ternyata masih Worket Station lancar jaya gan,,,,

      Delete
  26. gan ini hp ane tulisan nya made in china
    tapi dibawahnya ada tulisan
    PEITOU , TAIPEI , TAIWAN
    download firmware yg mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu ane Test Pake yang (TW) tpi ane gx liat Tuh Made in mna,, Coba aja dulu yang (TW) klw Gx Worked Baru pake yang (WW) gan,,,

      Delete
  27. permisi mau konsul,klo selesai recovery trs muncul img robot androit telentang,habis itu tampilannya gmn ya,soalnya habis muncul img robot td,trs tekan vol up n down gak muncul mode "Android System Recovery" dengan pilihan menu "reboot system now", "apply update from adb", "wipe cache", dll.malah muncul asus menu awal trs muter2 doank,tq petunjuknya,,

    ReplyDelete
  28. gan ane imei nya hilang nih, baseband nya juga unknown, gmn cara ngatasinnya? zenfone 5 T00P ww.

    ReplyDelete
  29. penjelasan mudah dipahami dan diaplikasikan. sangat bermanaat.

    ReplyDelete
  30. kok lama ya gan kalo cmd versi terbaru gimana ga ?

    ReplyDelete
  31. gan, pas udah succes 100% waktu reboot trus loading nya emang lama yaa?

    ReplyDelete
  32. Klo misal nya sinyal nya x trus, klo di flash adaan lagi gak ??

    ReplyDelete